Advertise

Cari Blog Ini

 
Rabu, 23 Oktober 2019

Marketing Management

0 komentar

MARKETING MANAGEMENT


Dalam suatu usaha tentunya diperlukan beberapa strategi yang baik, salah satunya yaitu melakukan marketing management atau manajemen pemasaran. Dengan adanya manajemen pemsaran, sebuah perusahaan diharapkan terus berkembang, bertahan lama, menciptakan inovasi baru dan pastinya untuk mencetak keuntungan yang diharapkan. Saat kita sudah memutuskan untuk terjun dalam sebuah usaha bisnis, pastinya kita akan mengharapkan agar usaha kita itu dapat berkembang dengan baik. Salah satu hal untuk keberhasilan suatu perusahaan yaitu kemampuan perusahaan dalam memasarkan atau menjual produknya sebanyak mungkin dan pastinya menghasilkan laba sesuai dengan keinginan.
Pada tahap ini, manajemen pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting agar perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang cukup menguntungkan serta pada tingkat kuantitas yang diharapkan sehingga mampu mengatasi tantangan dari para pesaingnya dalam hal pemasaran.
Setiap orang dapat melakukan proses produksi dengan sangat mudah, akan tetapi belum tentu mereka dapat menjual produksinya serta mendapatkan konsumen. Karena itu, manajemen pemasaran sangat perlu untuk dilakukan, khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang produksi. Apalagi di era digital saat ini, pemasaran digital tentu sangat dibutuhkan agar perusahaan tetap dapat bertahan dan berkembang.
Dibutuhkan strategi khusus agar masyarakat mau membeli barang atau memakai jasa suatu perusahaan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat (konsumen), mulai dari memasarkan produk, memikirkan konsep produk yang akan dijual, menetapkan harga, hingga melakukan promosi produksi kepada masyarakat dengan cara yang menarik.
Dengan demikian, langkah yang tepat untuk membuat sebuah strategi pemsaran dan promise yang tepat sasaran antara lain :
1.      Tentukan strategi pemasaran yang berfokus pada solusi
Seorang pelanggan itu biasanya memiliki kecenderungan untuk menemukan sebuah solusi pada produk yang mereka beli. Biasanya untuk produk dan jasa dengan permintaan tinggi itu akan mendapatkan sebuah perhatian khusus dari para pelanggan. Maka dari itu kita harus menciptakan target pasar sesuai yang mereka inginkan. Selain itu tawarkan juga nilai solusi yang dibutuhkan target pasar tersebut.
2.      Target pasar menjadi tujuan utama
Pencapaian target pasar yang tepat sasaran adalah yang diharapkan oleh seorang marketer untuk menghasilkan target yang efektif dan efisien.
3.      Terapkan judul dan sub judul pada strategi pemasaran yang anda pilih
Kita dapat menciptakan judul serta sub judul yang provokatif untuk strategi pemasaran yang kita pilih. Kemudian ciptakan ide yang memprovokasi. Sehingga audiens ingin mengetahui lebih lanjut atas promosi yang kita lakukan bahkan tertarik ingin membelinya. Dalam hal ini kita perlu skill copywriting yang baik untuk menunjang keberhasilan sebuah strategi pemasaran yang kita lakukan.
4.      Memuat pesan yang jelas
Menggunakan desain grafis merupakan penyampaian pesan yang menarik perhatian, namun masih dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk mengkomunikasian pesan kita.
5.      Pesan eksterm strategi pemasaran
Fakta dalam dunia pemsaran menyatakan bahwa pesan eksterm justru sering mendapat perhatian dari masyarakat.
Melalui strategi pemasaran yang direncanakan, operasional perusahaan dalam aktivitas marketing tentu saja dapat berjalan secara efektif. Dari sebuah perencanaan yang matang memungkinkan perusahaan kita cepat berkembang. Sehingga mampu bersaing di pasar. Salah satu upaya untuk bertahan terhadap daya saing pasar luas yaitu dengan memuat informasi tentang produk kita melalui pemanfaatan berbagai media online. Peluang pasar kita pun menjadi lebih luas  sehingga dapat memungkinkan penjualan.

 



Leave a Reply

 
ani indah © 2014 | Designed By Blogger Templates