MARKETING MANAGEMENT
Dalam suatu usaha tentunya diperlukan beberapa
strategi yang baik, salah satunya yaitu melakukan marketing management atau
manajemen pemasaran. Dengan adanya manajemen pemsaran, sebuah perusahaan
diharapkan terus berkembang, bertahan lama, menciptakan inovasi baru dan
pastinya untuk mencetak keuntungan yang diharapkan. Saat kita sudah memutuskan
untuk terjun dalam sebuah usaha bisnis, pastinya kita akan mengharapkan agar
usaha kita itu dapat berkembang dengan baik. Salah satu hal untuk keberhasilan
suatu perusahaan yaitu kemampuan perusahaan dalam memasarkan atau menjual
produknya sebanyak mungkin dan pastinya menghasilkan laba sesuai dengan
keinginan.
Pada tahap ini, manajemen pemasaran mempunyai
peranan yang sangat penting agar perusahaan dapat menjual produknya dengan
harga yang cukup menguntungkan serta pada tingkat kuantitas yang diharapkan
sehingga mampu mengatasi tantangan dari para pesaingnya dalam hal pemasaran.
Setiap orang dapat melakukan proses produksi
dengan sangat mudah, akan tetapi belum tentu mereka dapat menjual produksinya
serta mendapatkan konsumen. Karena itu, manajemen pemasaran sangat perlu untuk
dilakukan, khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang produksi. Apalagi
di era digital saat ini, pemasaran digital tentu sangat dibutuhkan agar
perusahaan tetap dapat bertahan dan berkembang.
Dibutuhkan strategi khusus agar masyarakat mau
membeli barang atau memakai jasa suatu perusahaan yang sesuai dengan keinginan
dan kebutuhan masyarakat (konsumen), mulai dari memasarkan produk, memikirkan
konsep produk yang akan dijual, menetapkan harga, hingga melakukan promosi
produksi kepada masyarakat dengan cara yang menarik.
Dengan demikian, langkah yang tepat untuk
membuat sebuah strategi pemsaran dan promise yang tepat sasaran antara lain :
1.
Tentukan strategi pemasaran yang berfokus pada
solusi
Seorang pelanggan itu biasanya memiliki kecenderungan untuk
menemukan sebuah solusi pada produk yang mereka beli. Biasanya untuk produk dan
jasa dengan permintaan tinggi itu akan mendapatkan sebuah perhatian khusus dari
para pelanggan. Maka dari itu kita harus menciptakan target pasar sesuai yang
mereka inginkan. Selain itu tawarkan juga nilai solusi yang dibutuhkan target
pasar tersebut.
2.
Target pasar menjadi tujuan utama
Pencapaian target pasar yang tepat sasaran adalah yang
diharapkan oleh seorang marketer untuk menghasilkan target yang efektif dan
efisien.
3.
Terapkan judul dan sub judul pada strategi
pemasaran yang anda pilih
Kita dapat menciptakan judul serta sub judul yang provokatif
untuk strategi pemasaran yang kita pilih. Kemudian ciptakan ide yang
memprovokasi. Sehingga audiens ingin mengetahui lebih lanjut atas promosi yang
kita lakukan bahkan tertarik ingin membelinya. Dalam hal ini kita perlu skill
copywriting yang baik untuk menunjang keberhasilan sebuah strategi pemasaran
yang kita lakukan.
4.
Memuat pesan yang jelas
Menggunakan desain grafis merupakan penyampaian pesan yang
menarik perhatian, namun masih dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk
mengkomunikasian pesan kita.
5.
Pesan eksterm strategi pemasaran
Fakta dalam dunia pemsaran menyatakan bahwa pesan eksterm justru
sering mendapat perhatian dari masyarakat.
Melalui strategi pemasaran yang direncanakan,
operasional perusahaan dalam aktivitas marketing tentu saja dapat berjalan
secara efektif. Dari sebuah perencanaan yang matang memungkinkan perusahaan
kita cepat berkembang. Sehingga mampu bersaing di pasar. Salah satu upaya untuk
bertahan terhadap daya saing pasar luas yaitu dengan memuat informasi tentang
produk kita melalui pemanfaatan berbagai media online. Peluang pasar kita pun
menjadi lebih luas sehingga dapat
memungkinkan penjualan.