Advertise

Cari Blog Ini

 
Rabu, 02 Oktober 2019

Kuliner Semarang

0 komentar
KULINER SEMARANG YANG RAMAH DIKANTONG

Semarang tak hanya dikenal karena potensi wisatanya yang menarik, tetapi juga karena banyaknya kuliner yang ditawarkan kota ini. Mulai dari makanan berat hingga camilan, semua bisa kamu coba sambil menikmati suasana Kota Semarang. Bagi yang ingin mencari tahu tempat kuliner terfavorit di Semarang, mari simak uraian berikut ini,

1.      Lumpia Gang Lombok

Kunjungan ke Semarang akan kurang lengkap jika belum mencoba makanan khasnya, yaitu lumpia. Kota ini punya banyak tempat yang menjajakan lumpia di setiap sudutnya, tetapi yang patut menjadi pilihan kamu adalah Lumpia Gang Lombok. Terletak di Jalan Gang Lombok No 11, Purwodinatan, wisata kuliner ini buka pukul 08:00 – 17:00.
Rasa lumpia di sini terkenal sangat autentik. Jenis lumpia yang ditawarkan beragam, mulai dari lumpia basah hingga lumpia goreng yang renyah. Harga lumpia di sini dibanderol mulai dari Rp15.000 per buah. Meski tergolong cukup mahal, kamu tak akan menyesal mencoba Lumpia Gang Lombok dengan isian padat dan kulit lumpia yang lezat.

2.      Tahu Gimbal Pak H. Edy

Hanya dengan mengeluarkan bujet sekitar Rp16.000, kamu sudah bisa menikmati seporsi Tahu Gimbal Pak H. Edy yang berisi tahu goreng, potongan gimbal udang, irisan kol, dan bumbu pelengkap lain. Tidak ketinggalan, bumbu kacang agak encer yang bisa kamu pesan dengan tingkat kepedasan sesuai selera.
Jika tertarik mencoba, kamu bisa langsung datang ke Jalan Menteri Supeno, Kompleks Taman KB. Lokasi ini pula yang membuat banyak pengunjung menyebutnya sebagai Tahu Gimbal Supeno. Kamu tak perlu takut kehabisan karena setiap harinya wisata kuliner Semarang ini buka pukul 17:00 hingga tutup.

3.      Waroeng Semawis

Mengunjungi pasar malam di Semarang tentu bisa menjadi ide seru bagi para pelancong. Di kawasan pecinan, Jalan Gang Warung No 50, Kauman, kamu akan menemukan pasar malam yang dikenal dengan Waroeng Semawis atau Pasar Semawis. Jika tertarik, kamu bisa memulai wisata kuliner di sini pukul 21:00. Ada banyak makanan kaki lima khas semarang yang bisa kamu coba, mulai dari jajanan, makanan berat, hingga berbagai pernak-pernik unik.
Saat berkunjung ke sini, kamu perlu siapkan bujet sebesar Rp50.000 per orang. Dengan bujet tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak makanan dari berbagai kedai yang ada. Setidaknya, kamu bisa menghabiskan Rp10.000 – Rp30.000 di setiap kedai. Meski berupa pasar, kamu tak perlu khawatir akan kenyamanan karena setiap kedai di sini menyediakan 1 – 2 meja untuk para pengunjung.

4.      Bebek Goreng Pak Thori

Di Jalan Raya Manyaran – Gunungpati, Sadeng, kamu bisa menemukan hidangan bebek paling populer di Semarang. Buka pukul 08:30 – 24:00, Bebek Goreng Pak Thori terkenal karena cita rasanya yang khas. Tak hanya itu, daging bebek di sini terkenal sangat empuk dengan bumbu yang menyerap hingga ke tulang. Ada 2 jenis sambal yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap, yakni sambal ijo ataupun sambal merah.
Menu favorit yang ada di sini adalah bebek goreng. Untuk menikmatinya, kamu cukup mengeluarkan bujet sebesar Rp24.000. Selain bebek, menu lain yang bisa kamu nikmati adalah ayam goreng, lele, burung dara, hingga gongso babat dengan rasa tak kalah lezat.

5.      Asem-asem Koh Liem

Menghadirkan kuliner Jawa Tiongkok, Asem-asem Koh Liem tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Semarang. Tempat wisata kuliner ini terletak di Jalan Karang Anyar No 20, Genuk. Makanan khas ini cukup populer di Semarang, jadi jangan heran jika melihat tempat ini selalu dipadati pengunjung. Jika ingin mencicipinya, kamu bisa berkunjung pada pukul 07:00 – 17:00.
Menu favorit di sini adalah Asem-asem Daging, makanan yang cukup melegenda di Semarang. Rasa Asem-asem Daging berasal dari perpaduan asam, pedas, dan manis yang ditambah gurihnya daging. Untuk mencoba satu porsi Asem-asem Daging, kamu perlu menyiapkan Rp25.000. Harga yang tidak terlalu mahal untuk seporsi sajian legendaris, bukan?. Selain menu andalannya, kamu juga bisa menyantap hidangan pendamping lain seperti cah petai udang, cah sawi putih, cah bayam, dan cah kacang panjang. Rata-rata menu cah ini dijual seharga Rp14.000. Jadi, kira-kira menu apa yang akan kamu santap lebih dulu?

6.      Mie Siang Kie

Bagi para penyuka mi, kamu tidak boleh melewatkan hidangan aneka mi milik Mie Siang Kie. Terletak di Gang Lombok No 10, Kauman, tempat makan ini buka setiap hari pukul 08:00 – 15:30. Di sini, kamu bisa mencoba aneka menu yang akan menggugah selera. Untuk mencicipi semangkuk mi lengkap dengan telur dadar dan pangsit rebus, kamu perlu membayar  Rp14.000 – Rp17.000. Tak lupa, tambahan pangsit goreng tentu akan menambah lengkap hidangan kamu. Semakin tergiur untuk mencobanya, bukan?

7.      Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong

Soto bangkong memang banyak dijual di Semarang, tapi yang menjadi favorit banyak orang adalah Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong di Jalan Setiabudi No 229, Srondol Kulon. Ada berbagai macam menu yang bisa kamu coba, tetapi menu spesialisasi ayam adalah hidangan andalan tempat makan ini. Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong memiliki jam operasional yang cukup lama, yakni pukul 06:00 – 21:00. Jadi, kamu tak perlu takut kehabisan kuliner ini. Saat berkunjung,amu bisa siapkan bujet sekitar Rp100.000 per dua orang. Bagi yang takut kehabisan tempat duduk, kamu bisa melakukan pemesanan terlebih melalui nomor telepon (024) 7464080.

8.      Kampung Laut


Tak sekadar restoran, Kampung Laut di Puri Maerokoco Tawang Mas juga menawarkan pemandangan yang indah. Bagaimana tidak, restoran ini dibangun di atas kolam yang cukup besar. Jadi, kamu seolah makan di atas gazebo terapung. Penasaran? Langsung saja datang ke Jalan Anjasmoro Raya, Tawangsari, pada pukul 10:00 – 22:00 setiap harinya. Ada berbagai macam menu yang bisa kamu pesan, tetapi yang jadi andalan adalah sajian seafood. Salah satu menu yang wajib kamu coba yaitu Gurame Goreng Kering yang dijual Rp7.500 per ons. Selain itu, kamu bisa mencoba aneka menu sayur seperti Brokoli Goreng yang dijual Rp50.000 per porsi ataupun Taoge Ca Ikan Asin dan Brokoli Saus Tiram dengan harga Rp25.000 per porsi.


Leave a Reply

 
ani indah © 2014 | Designed By Blogger Templates