Advertise

Cari Blog Ini

 
Selasa, 15 Oktober 2019

Kuliner Khas Demak

0 komentar
MAKANAN KHAS DEMAK

Dalam pertumbuhan kerajaan Islam, Demak ialah yang terbesar. Maka tak perlu cemas soal kehalalan kuliner di sini. Ditambah lagi makanan makanan yang di sajikan erat kaitannya dengan Islam. Bila anda sedang mencari tempat wisata kuliner di Demak, anda tidak perlu khawatir karena banyak macam-macam makanan enak di Demak. Ada banyak kuliner tradisional yang mantap sejak dulu kala, antara lain:

1. Nasi Ndoreng


Nasi Ndoreng adalah masakan khas dari Demak.  Yang biasanya di sajikan Pada event Megengan di Alun-Alun Demak, Nasi Ndoreng mudah dijumpai. Nasi Ndoreng terbuat dari campuran Nasi, Urap yaitu berbagai macam sayur-sayuran, Pelas (Botok).

2. Nasi Brongkos

Nasi Brongkos merupakan masakan khas dari Kabupaten Demak. Nasi Brongkos adalah masakan yang menjadi santapan pagi alias untuk sarapan. Sedangkan jika anda ingin membuatnya sendiri ini bahan2nya untuk membuat nasi brongkos adalah buah kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, minyak goreng, Garam. Sedangkan bumbunya terbuat dari nangka muda, bawang putih, bawang merah, asam jawa, gula.

3. Botok Telur Asin

Botok Telur Asin adalah masakan khas dari Demak, Masakan Botok Telur Asin kini tidak hanya di Demak tapi sudah ada dimana-mana hingga di Jakarta dapat ditemukan masakan ini. Nah jika anda ingin memasaknya sendiri ini yang perlu anda siapkan sebelumnya : yang pokok adalah telur asin mentah, tahu, kelapa parut kasar, cabai merah besar, daun salam, cabai rawit merah, daun pisang, air. Sedangkan bahan bumbu Botok Telur Asin adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, garam, gula merah.

4. Bakso Balungan

Bakso Balungan ini juga merupakan mkanan khas masyarakat ndemak. bakso ini adalah salah satu jenis masakan bakso yang menambahkan balungan (tulang) di dalam menyajikannya. Bakso Balungan yang menjadikan kasnya makanan dari Demak ini. Awalnya Bakso balungan ini muncul dari bisnis soto kerbau yang menjadi ciri khas soto di kawasan Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya. Kalau daging kerbau banyak dipakai untuk soto dan rawon, tulangnya dimanfaatkan untuk campuran bakso. 

5. Asem-Asem Demak

Asem-Asem Daging atau Asem-Asem ini juga merupakan masakan khas dari Kabupaten Demak. Meskipun berasal dari Demak namun Asem Asem Daging juga terdapat di daerah lain di Jateng, DIY dan Jatim. Asem-Asem Demak terbuat dari beberapa bahan yaitu daging sapi, kacang panjang/ buncis, tomat hijau, bilimbing wuluh. Sedangkan bumbunya terbuat dari bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabe merah besar, Kecap manis, garam dan merica.


Leave a Reply

 
ani indah © 2014 | Designed By Blogger Templates